Sentul Tracking is so Fun!

 Kadang suka mikir gak sih, terakhir liburan kapan? apalagi di tahun pandemi seperti 2020 ini dan lockdown dimana-mana. Padahal bekerja tetap berjalan, aktivitas rutin masih ada, tapi liburan yang paling tidak dalam jangka waktu tertentu kita lakukan, kini tidak bisa kita lakukan. Pandemi COVID-19 ini banyak membuat orang kecewa, lelah, dan sangat butuh liburan.

Buat yang selalu merasa penat dengan Jakarta, merasa sudah lelah dengan keseharian di ibukota, dan merasa butuh liburan sejenak tapi bingung mau kemana? 

Well, mungkin ini bisa jadi saran buat kalian yang butuh istirahat sejenak. Tidak perlu jauh-jauh dan berkendara lama, Sentul Tracking ini bisa menjadi salah satu jawaban untuk kalian yang mau escape sebentar dari perkotaan. 

Selasa, 15 September 2020

Pukul 6 pagi, Aku, Alifa dan Rani berangkat dari Cibubur menuju meeting point di Sentul City. Guide kami meminta kami untuk bertemu di Indomart Ruko Nirwana sebelum jungleland untuk kemudian dipandu menuju parkiran mobil khusus untuk para wisatawan yang mau tracking. Perjalanan menuju tempat parkir kurang lebih selama 30 menit. Jaraknya sebenarnya tidak terlalu jauh, namun jalan yang kecil dan rusak membuat beberapa kendaraan mau tidak mau harus melambatkan kecepatannya. 


Setelah itu, kami mulai berjalan ke area tracking. Hari itu ada beberapa tim dan kelompok yang juga akan tracking walaupun kami berangkat di weekdays. Namun bersyukurnya, kami semua melewati rute yang berbeda-beda. 
Dalam tracking ini ada beberapa pilihan rute sesuai waktu perjalannya. Mulai dari untuk yang pemula hingga yang sudah ahli dan terbiasa melakukan tracking. Pilihan jalur yaitu: 

1. 1-2 Jam dengan rute sawah-hutan kecil-bukit-sungai
2. 3-4 Jam dengan rute sawah-goa/rock garden - curug - sungai - bukit-hutan
3. 5-6 Jam dengan rute sawah-hutan-curug-bukit-air terjun-sungai-goa/rock garden 


Pilihan rute itu pun bisa kita sesuaikan selama dalam perjalanan. Kemarin kami meminta untuk rute 
3-4 jam. Namun nyatanya, kami melakukan rute tersebut selama 5 jam karena kecepatan jalan kami yang terbilang lamban karena sangat santai, banyak berhenti, dan sedikit-sedikit jalan hahaha. Tidak perlu takut, kalau ditengah jalan lapar atau mau ke toilet. Ada beberapa tempat pemberhentian untuk jajan dan ke toilet. 

Ketiga rute tersebut memiliki harga yang sama sebesar Rp 150.000 (belum termasuk tips guide). Guide yang diberikan pun tergantung dari jumlah banyaknya peserta dalam satu kelompok. Harga yang diberikan sudah termasuk mendapatkan tiket masuk lokasi/objek wisata, tiekt parkir, dan jasa penunjuk jalan/guide. Kita juga bisa minta guide untuk mengambil foto di beberapa titik. 

Karena kami bertiga sangat parno dengan Covid-19 ini, maka kami memilih jalur yang benar-benar sepi dan berjauhan dengan peserta/grup tracking lainnya. Setelah melewati perbukitan, tujuan utama kami adalah Goa Agung Garunggang dan tujuan akhir kami adalah Sungai Sangkuriang. Selama perjalanan, kami melewati banyak perbukitan, persawahan, dan hutan pinus. Rasanya bahagia sekali melewati persawahan, perbukitan, dan hutan-hutan setelah beberapa bulan belakangan yang dilewati tiap hari adalah macet dan gedung-gedung pencakar langit. 




Setelah 5 jam tracking, menurut Apple sih kita sudah melewati 13.000 langkah. Hahahaa
Wajar, karena kaki langsung pegal dan sangat berat untuk berjalan lagi. Namun perasaan bahagianya, tidak tergantikan! 

Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa coba menghubungi ke instagram @jakartatrekkingsentul untuk booking hari dan waktu. Lebih baik sih weekdays dibanding weekend untuk mengurangi kerumunan orang. 

Stay safe & Stay Healthy guys!


Comments