2020 udah berakhir, yakin mau liburan?



 Kalo melihat judul diatas, rasanya akan jawab langsung "YAKIN"

Eits, tapi yakin nya dengan syarat yaaa.. Bukan sembarangan yakin untuk bepergian dan liburan. 


Tahun 2020 sudah benar-benar berada di penghujung akhirnya. Rasanya cepat sekali berlalu, karena yang diingat hanya Januari, Februari, lalu habis sudah tiba-tiba sudah berada di bulan Desember. Tahun 2020 dengan segala kelabunya, adalah tahun yang tidak mudah untuk hampir semua orang. Dalam bidang apapun itu, 2020 adalah tahunnya kita semua diuji dan banyak-banyak harus berserah diri. 

Di awal pandemi, sedih sekali karena saat itu rencana liburanku ke Labuan Bajo gagal total dan hancur berantakan. Lalu pertengahan tahun, tidak ada liburan sama sekali. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang merasakan libur tengah tahun, di tahun 2020 ini hanya ada kerja-kerja-kerja (dan kuliah tentunya). Menjelang akhir tahun, mencoba merencanakan perjalanan ke Bajo di bulan September atau Oktober, namun rupanya waktu tidak bersahabat denganku. Memasuki November dan Desember, harapan untuk bisa bertemu liburan sejujurnya semakin banyak. Mulai mempertimbangkan pilihan-pilihan, cara terbaik untuk bisa berlibur namun tetap aman dan sehat. 

Kalau tahun-tahun sebelumnya selalu berisi perjalanan-perjalanan mengesankan, tahun ini yang kuingat hanya potong-potongan kenangan. Hanya sedikit cerita atas buih-buih bahagia yang berusaha dipertahankan, agar 2020 tidak semuanya menjadi kelabu. Entah itu staycation, atau sesimpel melakukan wisata singkat (one day trip), atau sekedar trekking ke sentul. 


Tahun 2020 sudah akan berakhir, apakah masih yakin mau liburan? 


Ya, aku yakin. Yakin untuk memilih liburan, walaupun harus extra dalam mempersiapkannya, walaupun harus meraih uang yang jauh lebih banyak untuk biaya asuransi COVID dan tes SWAB, walaupun harus jauh lebih memilah tempat wisata, penginapan, dan segala hal lainnya untuk liburan kali ini. 

Tapi tidak apa, karena buatku, daripada tidak sama sekali. Walaupun 2020 meninggalkan banyak sekali kenangan buruk, namun banyak juga pelajaran yang dapat diambil di tahun 2020. 


Jadi, yuk liburan di Indonesia aja dulu. Tidak perlu jauh-jauh, tak mengapa. Asal aman, sehat, dan peka terhadap kebersihan diri maupun lingkungan. Liburan itu hak semua manusia, tidak ada yang bisa melarang. Yang harus dilarang adalah rendahnya kesadaran diri dari orang-orang yang mau berlibur namun tidak peka terhadap kebersihan maupun kesehatannya. 


Liburan boleh, sehat wajib!

Comments