Harapan untuk pariwisata di 2021


Sudah memasuki Tahun 2021, dan rasanya banyak yang belum berubah sejak 2020 lalu. Masih ada corona dimana-mana. Masih banyak kasus positif COVID-19 yang meluas tak henti-henti. Baru di awal tahun, tapi sepertinya banyak sekali orang-orang terdekatku yang harus merasakan dampak dari Corona. 

we all not asked for an easy 2021, we are asking for a better 2021 where corona never exist anymore. But now it's all feel the same isn't it? 


Dear Corona, 

lagi-lagi harapan dunia pariwisata sepertinya masih hancur berantakan. Mau bepergian, rasanya sulit dan tidak bisa dilakukan. Traveling seperti menakutkan saat ini melihat terus bertambahnya kasus Corona di Indonesia. Bagaimana Indonesia sudah di banned dari banyak negara karena kasus positifnya yang tidak kunjung reda, bagaimana buruknya penanganan kasus Corona di Indonesia terdengar santer hingga negara-negara lain. 

Beberapa waktu lalu sempat berbicara sejenak dengan teman dari China, dia bercerita padaku, bahwa kuliahnya sudah dimulai selayaknya hari-hari normal. Bedanya, saat ini mereka tetap wajib menggunakan masker. Banyak hal-hal yang sudah bisa mereka lakukan kembali, seakan-akan Corona memang benar-benar sudah berita lama disana. 

Aku iri. 

Kapan kira-kira bisa merasakan kebebasan seperti itu lagi di Indonesia ini? 

Satu-satunya hal yang benar-benar terasa kacau dan hancur berantakan adalah pariwisata. Bagaimanapun banyak orang mengatakan, bahwa kita tetap bisa melakukan safety traveling, menurutku itu tidak bisa menggantikan kepuasan berwisata dengan normal dan bebas seperti dahulu kala. 

banyak batasan batasan, larangan, dan aturan yang digunakan untuk menjaga sesama. 

Saat seperti ini, rasanya menyesali keputusan untuk menabung lebih banyak agar bisa traveling dikemudian hari. i should just go and traveling the world as soon as i got the money for it, right? 

Pada akhirnya adanya penyesalan. 

Terlalu banyak harapan untuk pariwisata di Tahun 2021 ini. Akan ada sedikit berita baik, apapun itu bentuknya untuk dunia pariwisata yang rasanya terus-terusan berduka tiada henti. 

Ayolah, 

Bohong kalau mereka bilang dunia pariwisata akan membaik setelah ini dengan cepat karena orang-orang merindukan pariwisata. Bohong kalau mereka bilang semuanya akan bertahan. 

Sebagai seseorang yang sedang membangun bisnis travel, mempelajari pariwisata, rasanya pariwisata memang satu-satunya industri yang saat ini sedang hancur-hancurnya. Susah sekali untuk benar-benar bisa bangkit. 

Banyak sekali yang gugur ditengah jalan. 

Aku berharap aku bukan salah satunya. 


Harapanku untuk pariwisata di 2021, semoga lekas membaik. Semoga bertahan dan dapat membumi kembali seperti sebelumnya. 

Banyak yang merindukanmu, 

Aku salah satunya. 

Comments